SHARE

Jakarta, Bicara sampah harus luas. Dulu bicara sampah cukup dengan Pemerintah Daerah ( Pemda) dan sekarang sudah tidak bisa lagi. Kabupaten Bekasi sempat 2 minngu kemarin tidak bisa buang sampah karena sudah penuh. 1 hari Kabupaten Bekasi 2.400 ton. TPA sudah penuh dan ditutup masyarkat karena khawatir longsor kata Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian LHK Novrizal Tahar dalam acara FGD Sinetgi Pemerintah, Lembaga Masyarkat dan Pemangku Kepentingam Mwlalui Peran Petempuan dan Ibu Rumah Tangga Dalam Pengelolaan Sampah Yang Bernilai Ekonomi di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (16/4/19).

Novrizal menambahkan Jogja sempat seminggu TPA penuh dan tidak bisa buang sampah. Ada kapal pesiar tidak jadi masuk Lombok karena masalah sampah.
Bisa mengancam keberlangsungan pariwisata seperti di Lombok ada 6 kapal pesiar tidak jadi masuk ke sana.

Persoalan kapasitas Pemda. Kewenangan pengeloallaan sampah ada Pemerintah Kab mupaten dan Pemerintah Kota. Kapasitas Pemda harusnya 100% melayani persoalan sampah sekarang ini baru 30%.
Hampir seluruh Indonesia tidak sampai 100% hanya beberapa Kota saja seperti Surabaya dan Balik Papan. Kadang anggaran tidak tersedia di Pemda masuk ke lingkungan dan perairan.
Perilaku publik menjadi persoalan serius. Pertemuan seperti ini dapat merubah perilaku publik. Indek 0.72% oang Indonedia peduli pengelolaan sampah.
Persoalan kultural dan kesadaran publik. Mudah mudahan gerakan revolusi mental bisa kita masivkan untuk mengatasi sampah.
Sampah plastik sangat beda penangnannya dengan sampah organik. Persoalan sampah plastik sangat serius. Kalau masih open dumping sampah plastik masuk perairan. Pengelolaan sampah plastik sampai ratusan tahun atau ribuan tahun belum tentu terurai.
Mikro plastik berpotensi menggangu ge nital pria.
Awal sampah dari produsen sendiri. Kita mendorong tanggung jawab juga terhadap produk dari kemasannya. Misal packingnya didesain 100% punya nilai daur ulang.
Pengeloaan sampah bicaranya dari hulu ke hilir. Kita konsumen berpartisipasi mengatasi persoalwn sampah. Target pengurangan sampah 35%.
2021 TPA Bantar Gebang akan penuh tingginya sudah 3.000 – 4.000 mtr.

Mau ke warung bawalah tempatnya pulang tidak bawa sterofoam. Di sungai-sungai paling banyak mengapung sterofoam. Habis belanja kita melakukan pemilahan sampah-sampah. Perubahan perilaku harus kita lakukan secara masiv.

Dipantai- pantai banyak ditemukan sedotan plastik.
Sampah orgnanik buang ke lubang biopori untuk kehidupn jasad renik maupun cacing-cacing. . Biopori untuk cadangan air di musim kemarau. Membawa tambler, memilah sampah membuat lubang bioopri harus dijadikan sebuah kultur.
Bank samph adalah suatu gerakan esensinya di rumah memilh sampah.

Indeks ketidakpedulian 72%. FGD mendorong perubahan mindset menjadi memilah sampah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here