SHARE

Jakarta – Info Berita Satu -Kaukus Muda Indonésia (KMI) menggelar seminar dengan Tema Integrasi Indonesia National Single Window (INSW) Dalam Memangkas Dwelling Time di Hotel Lemeridien, Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (12/4/17). Dengan pembicara :  Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi Dirut PT. Pelindo 2 Elvin G. Masassya, Deputi Bidang Proses Bisnis PP-INSW Hari S. Noegroho, Ketua Gabungan Importir Nasional Indonesia Subandi, Ketua Komisi V DPR RI Gary Djemy Francis.
Moderator  Pangeran Ahmad Nurdin (Wartawan Senior).

Hari S.Noegroho mengatakan kita lihat negara lain sistemnya sudah single window. Mengintegrasikan alur proses. Belum semua Kementerian/ Lembaga menjalankan dokumen secara elektronik. Kami tetap berupaya dalam koridor hukum. Di Bea Cukai ada bagian yang menganalisa dokumen. Banyak yang disatukan kode. Kita harapkan punya data.

Seharusnya penyelesaian dokumen sebelum barang datang. Dokumen yang dibutuhkan ada di INSW. Bea Cukai melaporkan barang berdasarkan analisa resiko. Hambatan masih ada dualisme pengurusan dokumen. Perlu masalah penguatan kelembagaan ungkap Hari.

David Sirait dari Senior Vice President Operations IPC (Pelindo 2) menjelaskan
masalah dwelling time adalah masalah logistik nasional. Lebih mahal mengirim dalam negeri dari pada ke Jerman.
Dwelling tina adalah waktu lamanya mengendap peti kemas di Pelabuhan.
Biaya logistik Indonesia paling tinggi.
Indeks performasi logistik Indonesia paling rendah.

Dwelling time container adalah mulai bongkar sampai delivery. dibutuhkan waktu 3,1 hari. Tol laut sebagai sebuah solusi. Pertumbuhan ekonomi berpusat di Pulau Jawa. Arus perdagangan sangat sedikit ke Timur. Dari 5 negara besar Asia Tenggara ternyata ongkos logistik Indonesia paling besar. Indeks perfomansi logistik Indonesia berada pada posisi ke 63 dunia dan ke 4 diantara negara-negara Asean. Jika akan bersaing di kancah Internasional maka Indonésia harus membenahi logistiknya. Dibutuhkan sebuah solusi radikal tol laut pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here